Pengaruh Pelatihan Metode Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Perawat Dalam Implementasi Metode Keperawatan Tim Di Rumah Sakit Umum Daerah Nabire

Saputra, Agus (2019) Pengaruh Pelatihan Metode Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Perawat Dalam Implementasi Metode Keperawatan Tim Di Rumah Sakit Umum Daerah Nabire. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
judul tesis 149.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 tesis 149.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2 tesis 149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 tesis 149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 tesis 149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 tesis 149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
bab 6 tesis 149.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lamp tesis 149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Keperawatan adalah seni dan ilmu dimana orang lain mendapatkan bantuan dalam belajar bagaimana merawat dirinya sendiri seoptimal mungkin dan merawat orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Metode tim merupakan metode yang menggunakan tim yang terdiri atas anggota yang berbeda dalam memberikan asuhan keperawatan terhadap sekelompok pasien. Tujuan penelitian adalah menganalisis peningkatan kinerja perawat dalam implementasi model keperawatan tim sesudah pelatihan model keperawatan tim di RSUD Nabire. Rancangan penelitian menggunakan Quasi Eksperimental dengan Pre-Post Test Group Design. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling sebanyak 38 perawat yang diberikan pelatihan model keperawatan tim serta pengawasan dan pengamatan selama 6 minggu. Didapatkan hasil karakteristik perawat di RSUD Nabire persentase terbesar kategori usia 20 – 30 tahun, pendidikan DIII Keperawatan pada kelompok intervensi dan Ners pada kelompok kontrol, lama kerja kategori 5 tahun atau lebih. Perawat yang mendapat pelatihan motode keperawatan tim rerata kinerja kerjanya meningkatkan 11,35% ke arah positif terjadi perbedaan secara signifikan dan yang tidak mendapat pelatihan rerata kinerjanya meningkat 33.75% ke arah negatif dan tidak terjadi perbedaan secara signifikan. Ada pengaruh signifikan pelatihan motode keperawatan tim terhadap peningkatan kinerja perawat. Metode keperawatan tim dapat meningkatkan kinerja kerja perawat 21,7 kali dibandingkan dengan perawat yang tidak ikut pelatihan, dikontrol variabel umur perawat. Peneliti merekomendasikan model keperawatan tim dalam peningkatan kinerja kerja perawat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorDedi, Blacius0UNSPECIFIED
Thesis advisorSoepardi, Sudibyo0UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Keperawatan Tim, Dan Kinerja Kerja Perawat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Master Program in Nursing
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:21
Last Modified: 04 Jun 2024 03:58
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item