Pengaruh Program Bimbingan Preceptorship Terhadap Pelaksanaan Kompetensi Asuhan Keperawatan Bagi Perawat Baru Di RS X

Kurniaty, Embun (2020) Pengaruh Program Bimbingan Preceptorship Terhadap Pelaksanaan Kompetensi Asuhan Keperawatan Bagi Perawat Baru Di RS X. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
JUDUL T 167 EMBUN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I T 167 EMBUN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II T 167 EMBUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III T 167 EMBUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV T 167 EMBUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB Va-b T 167 EMBUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI+ T 167 EMBUNyl.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN T 167 EMBUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perawat merupakan sumber daya manusia terbesar di rumah sakit dan memiliki peranan penting sebagai dasar pelayanan dan perawatan.Meningkatkan kinerja dan kompetensi perawat merupakan hal yang penting untuk meningkatkan mutu kualitas layanan keperawatan.Kompetensi seseorang dapat terobservasi mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam menyelesaikan tugas dengan standar kinerja yang telah ditetapkan.Kompetensi tersebut dapat ditunjang dengan adanya pelatihan dan bimbingan yang dilakukan terhadap perawat. Preceptorship merupakan suatu model pendekatan yang tepat untuk instruksi klinis untuk mengembangkan kemampuan kognitif, efektif dan psikomotor melalui pendampingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispengaruh program bimbingan preceptorship terhadap pelaksanaan kompetensi asuhan keperawatan bagi perawat baru di RS X. Analisis menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang responden.Hasil penelitian menunjukkan kompetensi asuhan keperawatan meliputi pengkajian keperawatan, diagnosa keperawatan, perencanaan keperawatan, implementasi keperawatan, evaluasi keperawatan dan dokumentasi keperawatan sebelum dan setelah pelatihan Program Bimbingan Preceptorship terdapat perbedaan bermakna (P<0,05); (pvalue: 007) sedangkan usia (pvalue: 0,619)membuktikan tidak ada hubungan bermakna (p >0,05); pendidikan (pvalue: 0,671), pengalaman kerja (pvalue: 0,449), membuktikan bahwa tidak ada hubungan bermakna (p>0,05)); Hasil coefisien regresi R Square = 0,521 menunjukkan program bimbingan, usia, pendidikan, pengalaman kerja, dan kompetensi asuhan berkontribusi mempengaruhi. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan Program Bimbingan Preceptorship pada preceptor agar dijadikan sebagai program diklat RS X untuk meningkatkan kompetensi bagi perawat baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorChanafie, Djuariah()-
Thesis advisorAima, Havidz()-
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Asuhan Keperawatan Perawat Baru, Preceptorship.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Master Program in Nursing
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:28
Last Modified: 06 Aug 2024 05:28
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item