Marisi, Esther Lenny Dorlan (2020) Kompetensi Dasar Perawat Baru Sebelum dan Sesudah Pelatihan Metode Preceptorship Di RS. Sumber Waras Jakarta. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
JUDUL T168 ESTHERyl.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I T168 ESTHER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II T168 ESTHER.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III T168 ESTHER.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV T168 ESTHER.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V T168 ESTHER.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB VI+)
BAB VI T168 ESTHER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN T168 ESTHER.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Peningkatan kompetensi dasar perawat baru dapat dicapai dengan metode preceptorship yang dilakukan secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan capaian kompetensi dasar perawat baru sesudah dilakukan pelatihan metode preceptorship. Penelitian ini menggunakan rancangan pra eksperiment one group pre-post test design. Jumlah sampel dalam penelitian ini yakni perawat baru dengan masa kerja kurang dari 1 tahun sebanyak 33 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Intervensi dalam penelitian ini dengan memberikan pelatihan preceptorship terhadap 20 preceptor. Perbandingan pendampingan antara preceptor dengan preceptee 1:2. Pengumpulan data dilakukan sebelum dan 4 minggu setelah dilakukan pelatihan. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala nominal. Analisis data menggunakan uji Chi-Square, uji Wilcoxon dan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini; diidentifikasi mayoritas karakteristik perawat baru yang kompeten terhadap kompetensi dasarnya sebesar 69,7%, terdapat perbedaan kompetensi dasar perawat baru sesudah pelatihan preceptorship yakni terjadi peningkatan kompetensi rata-rata 39,03% dan secara statistik bermakna (P Value = 0,000 <0,05), peningkatan kompetensi dasar perawat baru juga dipengaruhi oleh pendidikan. Kelompok umur 17-25 tahun, Pendidikan D3 keperawatan, dan self efficacy baik berhubungan bermakna dengan peningkatan kompetensi dasar perawat. Perawat baru dengan pendidikan D3 keperawatan mempunyai kemungkinan kompetensi dasarnya meningkat 28,29 kali setelah pelatihan preceptorship terhadap preceptor dibandingkan perawat dengan pendidikan sarjana keperawatan ners, dikontrol oleh variable PO Fit.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | preceptorship, kompetensi dasar, perawat baru | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Master Program in Nursing | ||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2024 08:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1558 |
Actions (login required)
View Item |