Pengaruh Supervisi Proctor Reflektif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Rawat Inap RS X Bekasi

Mulyati, Tri (2021) Pengaruh Supervisi Proctor Reflektif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Rawat Inap RS X Bekasi. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
JUDUL T178 TRI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I T178 TRI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II T178 TRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III T178 TRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV T178 TRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V T178 TRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI+)
BAB VI T178 TRI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 178 TRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Supervisi merupakan salah satu fungsi pengawasan sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan, untuk itu di perlukan model supervisi yang tepat dalam mengelola SDM keperawatan agar mampu berpikir kritis dan berkualitas dalam pemberian asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi Proctor Reflektif terhadap ketrampilan berpikir kritis perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di unit rawat inap RS X Bekasi. Design penelitian Quasi Eksperiment pre – post test with control group, dengan jumlah sampel perawat rawat inap sebanyak 40 perawat pada kelompok kontrol dan 40 perawat pada kelompok intervensi .Di dapatkan hasil terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi dengan kelompok kontrol dengan p value 0.000, ada pengaruh supervisi Proktor Reflektif terhadap ketrampilan berpikir kritis perawat dengan p value 0.000 dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pendidikan dengan berpikir kritis dengan p value 0,573 , masa kerja dengan p value 0,324.Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan supervisi proctor reflektif memiliki pengaruh terhadap nilai keterampilan berpikir kritis dengan p value 0.000. uji statistik secara bersama–sama menunjukkan bahwa variabel umur, pendidikan dan masa kerja tidak memiliki pengaruh terhadap perbedaan keterampilan berpikir kritis dimana p value > 0.05 Sehingga, supervisi Proctor Reflektif dapat direkomendasikan untuk di terapkan dalam melakukan supervisi untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dalam memberikan asuhan Keperawatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorPurwarini, JustinaNIDN(0312047101)-
Thesis advisorHastono, Susanto Priyo0-
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Berpikir Kritis, Asuhan Keperawatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:00
Last Modified: 26 Jul 2024 08:00
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item