Mulyati, Tri (2021) Pengaruh Supervisi Proctor Reflektif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Rawat Inap RS X Bekasi. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
JUDUL T178 TRI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I T178 TRI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II T178 TRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III T178 TRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV T178 TRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V T178 TRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB VI+)
BAB VI T178 TRI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 178 TRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Supervisi merupakan salah satu fungsi pengawasan sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan, untuk itu di perlukan model supervisi yang tepat dalam mengelola SDM keperawatan agar mampu berpikir kritis dan berkualitas dalam pemberian asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi Proctor Reflektif terhadap ketrampilan berpikir kritis perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di unit rawat inap RS X Bekasi. Design penelitian Quasi Eksperiment pre – post test with control group, dengan jumlah sampel perawat rawat inap sebanyak 40 perawat pada kelompok kontrol dan 40 perawat pada kelompok intervensi .Di dapatkan hasil terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi dengan kelompok kontrol dengan p value 0.000, ada pengaruh supervisi Proktor Reflektif terhadap ketrampilan berpikir kritis perawat dengan p value 0.000 dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pendidikan dengan berpikir kritis dengan p value 0,573 , masa kerja dengan p value 0,324.Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan supervisi proctor reflektif memiliki pengaruh terhadap nilai keterampilan berpikir kritis dengan p value 0.000. uji statistik secara bersama–sama menunjukkan bahwa variabel umur, pendidikan dan masa kerja tidak memiliki pengaruh terhadap perbedaan keterampilan berpikir kritis dimana p value > 0.05 Sehingga, supervisi Proctor Reflektif dapat direkomendasikan untuk di terapkan dalam melakukan supervisi untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dalam memberikan asuhan Keperawatan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Berpikir Kritis, Asuhan Keperawatan | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
||||||||||||
Divisions: | Nursing Undergraduate Study Program Nursing Undergraduate Study Program |
||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 08:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2024 08:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1548 |
Actions (login required)
View Item |