Pengaruh Ronde Keperawatan NEPIL Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Bedah pada Rumah Sakit di Tangerang

Astuti, NunikYuli (2020) Pengaruh Ronde Keperawatan NEPIL Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Bedah pada Rumah Sakit di Tangerang. Masters thesis, STIK Sint Carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI & DAFTAR PUSTAKA)
BAB VI.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ronde perawat merupakan strategi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan keperawatan yang merupakan pelaksanaan dari Relationship Based Care.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sistematika ronde perawat NEPIL (Nyeri, Eliminasi, Posisi, Infus dan Lingkungan) terhadap kepuasan pasien.Metode Penelitian ini dengan desain penelitian Quasi Experimen pre dan post design dengan kelompok kontrol. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 124 responden yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol. Penelitian ini dilakukan di dua RS swasta dengan tipe yang sama, RS A Kota Tangerang menjalankan ronde perawat dengan NEPIL setiap 2 jam yang merupakan kelompok intervensi. Kelompok kontrol di RS B dan menilai kepuasan pasien dengan ronde perawat yang sudah berjalan di Rumah Sakit tersebut. Hasil penelitian ronde perawat dengan NEPIL setiap 2 jam pada kelompok intervensi mendapatkan hasil bahwa kepuasan pasien meningkat 0,16% secara statistik bermakna (p = 0,024< 0.05), sedangkan pada kelompok kontrol mendapatkan hasil kepuasan pasien menurun 4,23% secara statistik tidak bermakna (p = 0.770 > 0.05). Kesimpulan: kepuasan pasien dapat ditingkatkan melalui asuhan keperawatan menggunakan ronde perawat dengan NEPIL setiap 2 jam.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDNovita, Regina Vidya Trias(0330107501)UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSupardi, Sudibyo0UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ronde keperawatan, NEPIL (Nyeri, Eliminasi, Posisi, Infusdan Lingkungan), Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Master Program in Nursing
Depositing User: Jenette Linadivya Samosir
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:43
Last Modified: 19 Jun 2024 04:43
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item