Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Diklatku” Berbasis Web Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penerimaan Teknologi Menggunakan E-Learning Di RS X

Rifawaty, Kristin (2021) Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Diklatku” Berbasis Web Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penerimaan Teknologi Menggunakan E-Learning Di RS X. Masters thesis, STIK Sint Carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI & Daftar Pustaka)
BAB VI & Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan aplikasi “diklatku” merupakan strategi untuk meningkatkan motivasi belajar, dan penerimaan teknologi perawat, serta mencapai 20 jam diklat keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi “diklatku” berbasis web terhadap peningkatan motivasi belajar dan penerimaan teknologi menggunakan e-learning di Rumah Sakit X, ini adalah penelitian quasi experiment dengan pre dan post test design tanpa menggunakan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan selama 2 minggu pada bulan Agustus 2021. Semua perawat berjumlah 54 subjek yang menerima intervensi penggunaan aplikasi”diklatku” pada mingu pertama dan kedua bulan Agustus 2021. Karakteristik subjek penelitian ini adalah 46,3% usia dewasa awal, 64,8% perempuan, 57,4% D3 Keperawatan, dan 70,4% belum pernah mendapat pelatihan e-learning. Hanya jenis kelamin dan pendidikan yang berhubungan dengan motivasi belajar, sedangkan pada penerimaan teknologi yang berhubungan hanya jenis kelamin, pendidikan, dan pelatihan. (p<0,05). Terdapat peningkatan motivasi belajar (59,5 vs 65,5) dan penerimaan teknologi menggunakan e-learning sebelum dan sesudah dilakukan intervensi penggunaan aplikasi “diklatku” (p=0,000).Penggunaan aplikasi “diklatku” mempengaruhi motivasi belajar (p=0,000) dan penerimaan teknologi menggunakan e-learning (p=0,000), Demikian pula penggunaan aplikasi “diklatku” dan karakteristik subjek mempengaruhi motivasi belajar (p=0,007) dan penerimaan teknologi (p=0,034). Kesimpulan penggunaan aplikasi “diklatku”yang diterapkan dalam penelitian ini berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan penerimaan teknologi perawat di RS X. Penelitian ini merekomendasikan aplikasi “diklatku” berbasis web dapat sebagai sarana pendukung dalam meningkatkan motivasi dalam varian pembelajaran, sehingga dapat mencapai mutu dan 20 jam diklat keperawatan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDWijayanti, Catharina Dwiana(0330037501)UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDTjitra, Emiliana0UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi “diklatku” berbasis web, motivasi belajar, penerimaan teknologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Master Program in Nursing
Depositing User: Jenette Linadivya Samosir
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:31
Last Modified: 24 Apr 2024 06:31
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item