Sirait, Jesman Jhonny (2021) Efektifitas Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Bagi Ketua Tim terhadap Kepuasan Pasien di Metro Hospitals Cikupa Kabupaten Tangerang. Masters thesis, STIK Sint Carolus.
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
|
Text (BAB VI & Daftar Pustaka)
BAB VI & Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
Abstract
Kepemimpinan dalam manajemen keperawatan akan berpengaruh kepada kualitas pelayanan perawat dan kepuasan pasien, dilihat dari akses, efektivitas, efisiensi, keselamatan dan keamanan, kesinambungan pelayanan, dan standar pelayanan kepada pasien. Penelitian bertujuan mengidentifikasi efektifitas pelatihan Kepemimpinan dan Manajeman bagi ketua tim terhadap kepuasan pasien, dengan menggunakan Pre-experiment two groups post test design di Metro Hospitals Cikupa pada 11 Juni - 11 Agustus 2021. Dilatih ketua tim sebanyak 20 perawat dan 9 perawat pada kelompok kontrol. Dampak pelatihan dinilai berdasarkan kepuasan pada 393 pasien rawat inap pada kedua kelompok. Alat pengumpulan data adalah kuesioner dan Analisis data Uji Chi-Square dan Uji Regresi Logistic Multivariate. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien rawat inap berdasarkan 5 dimensi (tangibles, empathy, reability, responsiveness, assurance) kelompok intervensi persentase terbesar puas dan pada kelompok kontrol terbesar cukup puas. Pengaruh pelatihan secara statistic bermakna (p<0,05). Pasien rawat inap pada kelompok intervensi kemungkinan kepuasannya 8,5 kali lebih tinggi dari pada pasien pada kelompok kontrol. Karakteristik pasien yaitu usia, pendidikan, pekerjaan dan kelas perawatan berhubungan bermakna dengan kepuasan pasien rawat inap (p<0,05). Penelitian ini merekomendasikan dilakukan pelatihan kepemimpinan dan manajemen yang berkelanjutan kepada seluruh ketua tim yang ada dirumah sakit, serta monitoring dan evaluasi berkelanjutan terhadap kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan kepemimpinan dan manajemen, ketua tim keperawatan, dan kepuasan pasien | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
||||||||||||
Divisions: | Master Program in Nursing | ||||||||||||
Depositing User: | Jenette Linadivya Samosir | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 06:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2024 07:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1461 |
Actions (login required)
View Item |