Hubungan Kelas Edukasi Menyusui Dengan Pemberian ASI Pada Ibu Batita di Puskesmas Benteng Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon

Pellaupessy, Algraciela (2023) Hubungan Kelas Edukasi Menyusui Dengan Pemberian ASI Pada Ibu Batita di Puskesmas Benteng Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (JUDUL)
Abstrak-Lampiran (1).pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
CONTOH REPO 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN I)
Lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text (LAMPIRAN II)
CONTOH REPO Lampiran II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)

Abstract

Menyusui adalah kegiatan pemberian nutrisi kepada bayi setelah lahir yang membutuhkan keterampilan, sehingga memerlukan pendampingan dari tenaga kesehatan untuk mencapai periode 1000 hari pertama kehidupan (Kemenkes, 2016). Menurut data World Health Organization (WHO, 2016) menunjukan cakupan pemberian ASI Eksklusif sangat berfluaktif di mana angka tersebut masih sangat jauh dari target yaitu 80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kelas edukasi menyusui dengan pemberian ASI pada ibu batita di Puskesmas Benteng, kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Metode penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 260 ibu yang memiliki batita. Sampel penelitian adalah ibu yang memilki batita usia dua tahun (2) sampai dengan tiga tahun (3) dengan jumlah sampel 158 orang responden. Alat pengumpul data berupa kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan a = 0,05. Kesimpulan penelitian menunjukka didapatkan hasil mengenai kelas edukasi ANC hasil terbanyak adalah kelas yang mengikuti edukasi (79,1 %). Kelas edukasi post partum hasil terbanyak adalah kelas yang mengikuti edukasi (68,4%). Untuk pemberian ASI 6 bulan (84,8), pemberian ASI >6-1 tahun (79,7) dan pemberian ASI >1-2 tahun (53,8 %). Hasil uji statistik Chi Squaer menunjukan hubungan yang bermakna vii antara kelas edukasi ANC dengan pemberian ASI 6 bulan (p value 0,012), ada hubungan signifikan antara kelas edukasi ANC dengan pemberian ASI >6-1 tahun (p value 0,035) tetapi tidak ada hubungan antara kelas edukasi ANC dengan pemberian ASI >1-2 tahun (p value 0,328). Tidak ada hubungan bermakna antara kelas edukasi post partum dengan pemberian ASI 6 bulan (p value 0,340), kelas edukasi post partum dengan pemberian ASI >6-1 tahun (p value 0,832) dan kelas edukasi post partum dengan pemberian ASI >1-2 tahun (p value 1,000)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDNovita, Regina Vidya TriasNIDN(0330107501)UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSupardi, Sudibjo0UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kelas edukasi ANC dan Post Partum,pemberian ASI
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:41
Last Modified: 10 May 2024 01:47
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item