Dwijayanto, I Made Rio (2018) Pengaruh Pelaksanaan Peer Learning Terhadap Pengetahuan Asuhan Keperawatan dan Stress Kerja Perawat Baru Di RS X Jakarta. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
judul tesis 125.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1 tesis 125.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2 tesis 125.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
Text (BAB III)
bab 3 tesis 125.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4 tesis 125.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text (BAB V)
bab 5 tesis 125.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
Text (BAB VI)
bab 6 tesis 125.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
lamp tesis 125.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masa transisi perawat baru merupakan peralihan peran sebagai mahasiswa menjadi perawat professional. Konflik antara ekspetasi dan kenyataan peran yang dihadapi dapatmenyebabkan stres. Model pembelajaran peer learning merupakan metode pembelajaran dengan teman sebaya yang bertujuan untuk pengembangan keterampilan, cara berpikir, mengatasi masalah, memberi umpan balik dan berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer learning terhadap pengetahuan asuhan keperawatan dan stres kerja perawat baru di RS Sint Carolus Jakarta Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment pretest-posttest control group design. Sampel penelitian perawat baru yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok 35 orang kelompok intervensi dan 35 orang kelompok kontrol dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Pelaksanaan peer learning dilakukan oleh peneliti pada kelompok intervensi. Alat pengumpul data menggunakan instrument pengetahuan tentang asuhan keperawatan dan instrument stress kerja menggunakan nursing students clinical stress scale. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Chi-Square). Hasil penelitian didapatkan perbedaan kualitas pengetahuan asuhan keperawatan dan stres kerja sebelum dan sesudah pelaksanaan peer learning dengan rata-rata peningkatan pengetahuan 10.28% dan penurunan stres kerja 21.20%. Hasil analisa didapatkan bahwa peer learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan asuhan keperawatan (p=0.000) dan stres kerja (p=0.000). Tidak ada pengaruh variabel perancu (umur, jenis kelamin dan pendidikan) terhadap pengetahuan asuhan keperawatan dan stres kerja perawat baru (p > 0.005). Dengan demikian untuk mencapai kualitas pengetahuan dan mengurangi stress kerja disarankan untuk melaksanakan program peer learning secara terjadwal.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peer Learning, Pengetahuan, Stres Kerja, Perawat Baru | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
||||||||||||
Divisions: | Master Program in Nursing | ||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2021 06:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2024 06:45 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/902 |
Actions (login required)
View Item |