Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lingga Kabupaten Kubu Raya

Risnandi, Christian (2015) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lingga Kabupaten Kubu Raya. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
8 - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2)
9 - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB 3)
10 - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB 4)
11 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB 5)
12 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)

Abstract

Kepuasan pasien terhadap pelayanan Puskesmas sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan. beberapa penelitian juga mengungkapkan faktor-faktor karakteristik pasien yang dapat dihubungkan dengan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lingga Kabupaten Kubu Raya pada bulan desember 2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 141 pasien, penentuan jumlah sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan nilai alpha cronbach = 0,851 dan analisis statistik menggunakan Fisher’s exact test Hasil penelitian menunjukkan pasien Puskesmas sebagian besar (95,7%) merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang mereka dapatkan di Puskesmas Lingga. Karakteristik pasien Puskesmas persentase terbesar berusia 21-40 tahun (51,8%), dengan jenis kelamin Perempuan (63,1%), memiliki tingkat pendidikan menengah/SMA (36,9%), Menggunakan sumber biaya perawatan pribadi (65,2%) dan memiliki pekerjaan (74,5%). Berdasarkan hasil analisis menggunakan Fischer’s Exact test di identifikasi bahwa ada hubungan antara pendidikan dan kepuasan pasien dengan p-value = 0,002. Sedangkan faktor usia (p-value = 0,262), Jenis Kelamin (pvalue =0,134), Sumber biaya perawatan (p-value =0,110), dan Pekerjaan (p-value =0,519) tidak memiliki hubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lingga, Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan kepada profesi keperawatan sehingga diharapkan perawat lebih mampu menjalankan peran dan tugasnya dengan optimal, sehingga keluhan pasien terhadap pelayanan keperawatan dapat di minimalisir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSupardi, SudibyoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBunga, Asnet LeoNIDN0312055401UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: puskesmas, kepuasan pasien, karakteristik pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Dedy Andreas Harry Parasihan
Date Deposited: 12 Oct 2020 06:23
Last Modified: 12 Jul 2021 03:06
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item