Jakarianto, Jakarianto (2016) Hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar anak mental retarded di SLBN Ngabang, Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus.
|
Text (ABSTRAK)
JUDUL450.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (100kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III+450.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V pembahasan penelitian jaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (BAB VI)
BAB VI+450.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text (LAMPIRAN I)
PENUTUP I.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text (LAMPIRAN II)
PENUTUPII450.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Anak mental retarded adalah anak yang mengalami hambatan atau keterlambatan dalam fungsi intelektual disertai ketidak mampuan untuk belajar dan untuk menyesuaikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar anak mental retarded di SLBN Ngabang Kalimantan Barat. Desain penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak mental retarded berjumlah 37 orang di ambil secara total sampel. Alat pengumpulan data mengunakan kuesioner, analisis data univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square. Ketentuan bermakna jika p value <0,05. Gambaran responden dengan dukungan emosional baik 78,4%, dukungan penilaian baik 62,2%, dukungan instrumental baik 78,4%, dukungan informasional baik 73,0%, dan motivasi belajar baik 56,8%. Hasil penelitian menunjukan bahwa : ada hubungan bermakna antara dukungan emosional (p=0,041), dukungan penilaian (p=0,044),dukungan instrumental (p=0,041), dukungan informasional (p=0,041) dan dukungan keluarga secara keseluruhan dengan motivasi belajar (p=0,015). Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar orang tua yang memiliki anak mental retarded dapat meningkatkan motivasi belajar anak-anaknya dengan memberikan dukungan keluarga yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dukungan keluarga, motivasi belajar, anak mental retarded. | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Nursing Undergraduate Study Program Nursing Undergraduate Study Program |
||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Apr 2020 07:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2021 03:43 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/26 |
Actions (login required)
View Item |