Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Dalam Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Mahasiswa Tingkat I Akper Panti Kosala Surakarta

Christina, Tri Yahya (2017) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Dalam Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Mahasiswa Tingkat I Akper Panti Kosala Surakarta. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus.

[img] Text (ABSTRAK)
JUDUL 498.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
N . BAB I skripsi.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
O . BAB II skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text (BAB III)
P . BAB III skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text (BAB IV)
R . BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text (BAB V)
S. BAB V skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text (BAB VI)
combinepdf(67).pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
PENUTUP 498.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Dalam Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Mahasiswa Tingkat I Akper Panti Kosala Surakarta”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif korelasi. Telah dilakukan pada bulan Agustus 2016 – januari 2017. Pengambilan sampel, dengan total sampling yaitu sebanyak 137 Mahasiswa tingkat I Akper Panti Kosala Surakarta. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari kuesioner keinginan berhasil, dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita, adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, metode pembelajaran yang menarik dan IPK. Uji statistic menggunakan chi square dan Kendall’s tau C. Hasil analisa menunjukkan tidak ada hubungan antara jenis kelamin (ρ=0,125) dengan prestasi belajar, ada hubungan antara keinginan berhasil (ρ=0,019), dorongan kebutuhan belajar (ρ=0,025), harapan akan cita- cita (ρ=0,038), adanya penghargaan (ρ=0,033), lingkungan belajar yang kondusif (ρ=0,046), metode pembelajaran yang menarik (ρ=0,041), motivasi belajar (ρ=0,029), dengan prestasi belajar dalam penerapan kurikulum berbasis kompetensi pada Mahasiswa tingkat I Akper Panti Kosala Surakarta. Saran untuk mahasiswa : mahasiswa tidak lagi menjadikan dosen sebagai satu satunya sumber belajar. Mahasiswalah menjadi pusat dalam proses belajar mengajar (student center learning) dengan menekankan pada pembelajaran aktif (student aktif learning).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorHartanti, A. Murni0-
Thesis advisorRustika, Rustika0-
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Prestasi belajar, Kurikulum berbasis kompetensi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Professionals Study Program
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 04 May 2020 03:40
Last Modified: 25 Jun 2024 04:44
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item