Hartono, Martinus (2017) Pengaruh Pelaksanaan Ronde Asuhan Keperawatan Terhadap Pengalaman Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Kompetensi Perawat Klinik Di Ruang Rawat Inap RSUS. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
JUDUL T128yl.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN rev final.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II rev final.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III final.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IVrev5 Final.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
||
|
Text
BAB V+DAFPUS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMP T128yl.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kompetensi perawat sangat penting untuk kualitas pelayanan RS. Kesibukan menjadi kendala perawat untuk terlibat dalam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Diperlukan strategi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pelaksanaan ronde asuhan keperawatan terhadap pengalaman pembelajaran dan implikasinya terhadap kompetensi perawat klinik di ruang rawat inap RSUS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental before and after control design. Tehnik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel 68 responden kelompok intervensi dan 24 responden kelompok kontrol. Alat pengumpul data pre-test dan post-test menggunakan kuisioner A untuk mengetahui persepsi responden terhadap pengalaman pembelajaran dan kuisioner B untuk mengetahui persepsi responden terhadap kompetensi perawat klinik, dengan skala Likert 1 s/d 5, nilai 1 sangat tidak setuju dan nilai 5 sangat setuju. Analisa data menggunakan model SEM (Structural Equation Modelling) melalui software Lisrel. Hasil penelitian didapatkan pelaksanaan ronde asuhan keperawatan berpengaruh terhadap pengalaman pembelajaran dengan peningkatan skor 12.64% (p=0.000), dan berpengaruh terhadap kompetensi perawat klinik dengan peningkatan skor 12.25% (p=0.000). Faktor perancu jenis kelamin dan level kompetensi berpengaruh terhadap kompetensi perawat klinik dengan nilai t masing-masing (6.37 dan 3.24) sedangkan usia tidak berpengaruh. Secara simultan 98 % responden menyatakan ronde asuhan keperawatan, pengalaman pembelajaran, usia, jenis kelamin dan level kompetensi berpengaruh jenis kelamin dan level kompetensi berpengaruh terhadap kompetensi perawat klinik (p=0.000). Penelitian ini merekomendasikan perlunya ronde asuhan keperatanan di ruang rawat inap secara berkala sebagai sarana pembelajaran meningkatkan kompetensi perawat klinik . Kata Kunci: ronde asuhan keperawatan, pengalaman pembelajaran, kompetensi, perawat klinik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | ronde asuhan keperawatan, pengalaman pembelajaran, kompetensi, perawat klinik | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
||||||||||||
Divisions: | Master Program in Nursing | ||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:12 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1473 |
Actions (login required)
View Item |