Hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar anak mental retarded di SLBN Ngabang, Kalimantan Barat

Jakarianto, Jakarianto (2016) Hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar anak mental retarded di SLBN Ngabang, Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
JUDUL450.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III+450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V pembahasan penelitian jaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI+450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN I)
PENUTUP I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN II)
PENUTUPII450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Anak mental retarded adalah anak yang mengalami hambatan atau keterlambatan dalam fungsi intelektual disertai ketidak mampuan untuk belajar dan untuk menyesuaikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar anak mental retarded di SLBN Ngabang Kalimantan Barat. Desain penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak mental retarded berjumlah 37 orang di ambil secara total sampel. Alat pengumpulan data mengunakan kuesioner, analisis data univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square. Ketentuan bermakna jika p value <0,05. Gambaran responden dengan dukungan emosional baik 78,4%, dukungan penilaian baik 62,2%, dukungan instrumental baik 78,4%, dukungan informasional baik 73,0%, dan motivasi belajar baik 56,8%. Hasil penelitian menunjukan bahwa : ada hubungan bermakna antara dukungan emosional (p=0,041), dukungan penilaian (p=0,044),dukungan instrumental (p=0,041), dukungan informasional (p=0,041) dan dukungan keluarga secara keseluruhan dengan motivasi belajar (p=0,015). Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar orang tua yang memiliki anak mental retarded dapat meningkatkan motivasi belajar anak-anaknya dengan memberikan dukungan keluarga yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDIndiyah, E. Sri0320105402UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSimbolon, Anna RejekiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga, motivasi belajar, anak mental retarded.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 20 Apr 2020 07:56
Last Modified: 21 Jan 2021 03:43
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item