Pengaruh Pelaksanaan Ronde Asuhan Keperawatan Terhadap Pengalaman Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Kompetensi Perawat Klinik Di Ruang Rawat Inap RSUS

Hartono, Martinus (2017) Pengaruh Pelaksanaan Ronde Asuhan Keperawatan Terhadap Pengalaman Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Kompetensi Perawat Klinik Di Ruang Rawat Inap RSUS. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
JUDUL T128yl.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN rev final.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II rev final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IVrev5 Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
BAB V+DAFPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMP T128yl.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi perawat sangat penting untuk kualitas pelayanan RS. Kesibukan menjadi kendala perawat untuk terlibat dalam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Diperlukan strategi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pelaksanaan ronde asuhan keperawatan terhadap pengalaman pembelajaran dan implikasinya terhadap kompetensi perawat klinik di ruang rawat inap RSUS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental before and after control design. Tehnik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel 68 responden kelompok intervensi dan 24 responden kelompok kontrol. Alat pengumpul data pre-test dan post-test menggunakan kuisioner A untuk mengetahui persepsi responden terhadap pengalaman pembelajaran dan kuisioner B untuk mengetahui persepsi responden terhadap kompetensi perawat klinik, dengan skala Likert 1 s/d 5, nilai 1 sangat tidak setuju dan nilai 5 sangat setuju. Analisa data menggunakan model SEM (Structural Equation Modelling) melalui software Lisrel. Hasil penelitian didapatkan pelaksanaan ronde asuhan keperawatan berpengaruh terhadap pengalaman pembelajaran dengan peningkatan skor 12.64% (p=0.000), dan berpengaruh terhadap kompetensi perawat klinik dengan peningkatan skor 12.25% (p=0.000). Faktor perancu jenis kelamin dan level kompetensi berpengaruh terhadap kompetensi perawat klinik dengan nilai t masing-masing (6.37 dan 3.24) sedangkan usia tidak berpengaruh. Secara simultan 98 % responden menyatakan ronde asuhan keperawatan, pengalaman pembelajaran, usia, jenis kelamin dan level kompetensi berpengaruh jenis kelamin dan level kompetensi berpengaruh terhadap kompetensi perawat klinik (p=0.000). Penelitian ini merekomendasikan perlunya ronde asuhan keperatanan di ruang rawat inap secara berkala sebagai sarana pembelajaran meningkatkan kompetensi perawat klinik . Kata Kunci: ronde asuhan keperawatan, pengalaman pembelajaran, kompetensi, perawat klinik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDDwiana, Catharina W.NIDN(0330037501)UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSusilo, Wilhelmus Hary0UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ronde asuhan keperawatan, pengalaman pembelajaran, kompetensi, perawat klinik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Master Program in Nursing
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:12
Last Modified: 24 Apr 2024 03:12
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item