PENGARUH INTERVENSI PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN INTERVENING KUALITAS LAYANAN DAN MOTIVASI PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RS PGI CIKINI

Sinuraya, Khristina (2017) PENGARUH INTERVENSI PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN INTERVENING KUALITAS LAYANAN DAN MOTIVASI PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RS PGI CIKINI. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
judul tesis 103.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 tesis 103.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2 tesis 103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 tesis 103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 tesis 103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 tesis 103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
bab 6 tesis 103.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lamp tesis 103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tolak ukur menilai pelayanan profesional, mutu rumah sakit. Data Komite Keperawatan tahun 2016, didapatkan penurunan tingkat kepuasan pasien 78,75% menjadi 58,17%. Perawat lambat berespon terhadap panggilan pasien dan terburu-buru dalam memberikan asuhan keperawatan. Hasil wawancara perawat menunjukkan bahwa perawat kurang termotivasi karena kurangnya penghargaan. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh intervensi pelayanan prima terhadap kepuasan pasien dan motivasi perawat di ruang rawat inap RS PGI Cikini. Studi quasi eksperimental design dengan randomized pretest-posttest control group design. Jumlah sampel 110 responden diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil: intervensi pelayanan prima tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, t-value: -0,47. Intervensi pelayanan prima signifikan terhadap kualitas pelayanan, t-value: 5,51. Intervensi pelayanan prima signifikan terhadap motivasi, t-value: 5,60. Kualitas pelayanan signifikan terhadap kepuasan pasien, t-value: 13,62. Motivasi perawat tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, t-value: 0,87. Karakteristik umur tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, t-value: -0,47. Karakteristik pendidikan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, t-value: -1,20. Pelayanan prima, kualitas pelayanan, motivasi, umur dan pendidikan signifikan terhadap kepuasan pasien, R2=1,25 (125%). Perbedaan kepuasan pasien sebelum dan sesudah intervensi pelayanan prima signifikan (p<0,01) serta perbedaan kepuasan pasien antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi (p<0,01) di RS PGI Cikini. Saran: pelatihan pelayanan prima perlu dilakukan secara berkala, dengan pertemuan lebih dari satu kali.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorBunga, Asnet LeoNIDN(0312055401)UNSPECIFIED
Thesis advisorSusilo, Wilhelmus Hary0UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Intervensi pelayanan prima, kualitas layanan, motivasi perawat, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Master Program in Nursing
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 21 Jul 2021 08:01
Last Modified: 03 Jun 2024 04:31
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item