Hubungan antara Pengetahuan, Pemberian Stimulasi oleh Ibu dan Perkembangan Toddler di Posyandu RW 12 Setia Mekar Bekasi

Magdalena, Aprilia Arta (2018) Hubungan antara Pengetahuan, Pemberian Stimulasi oleh Ibu dan Perkembangan Toddler di Posyandu RW 12 Setia Mekar Bekasi. Undergraduate thesis, Stik Sint Carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
11. NO. 11 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB 2)
12. NO. 12 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB 3)
13. NO. 13 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB 4)
14. NO. 14 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB 5)
15. NO. 15 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan adalah meningkatnya kemampuan fungsi tubuh yang didasari dengan maturitas tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, pemberian stimulasi oleh ibu dan perkembangan todler di Posyandu RW 12 Setia Mekar Bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 92 ibu dan 92 todlernya. Alat analisis menggunakan uji statistik Kendall’s Tau C. Hasil penelitian didapatkan ibu memiliki pengetahuan cukup tentang stimulasi perkembangan (52,2%), ibu memberikan stimulasi baik pada usia 12-15 bulan (75%), usia 15-18 bulan (81,8%), usia 18-24 bulan (70,4%), usia 24-36 bulan (61,9%), todler memiliki perkembangan normal (50%), abnormal (40,2%), questionable (7,6%), untestable (2,2%). Tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan pemberian stimulasi oleh ibu pada todler usia (12-15 bulan) (pvalue= 0,102), usia (15-18 bulan) (pvalue= 0,058). Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan pemberian stimulasi oleh ibu pada todler usia (18-24 bulan) (pvalue=0,031) dan usia (24-36 bulan) (pvalue=0,043). Tidak ada hubungan yang bermakna antara pemberian stimulasi oleh ibu pada todler usia (12-15 bulan) (pvalue=0,083), usia (15-18 bulan) (pvalue=0,156) dan perkembangan todler. Ada hubungan yang bermakna antara pemberian stimulasi oleh ibu pada todler usia (1824 bulan) dengan pvalue=0,041) dan pada anak usia (24-36 bulan) (pvalue=0,014) dan perkembangan todler. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan petugas kesehatan dan kader sebaiknya memberikan penyuluhan tentang stimulasi dan perkembangan todler, supaya ibu dapat memberikan stimulasi dengan tepat kepada todlernya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSupardi, SudibyoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorManurung, Lina Dewi AnggraeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perkembangan todler, pemberian stimulasi ibu, pengetahuan.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Arniwinda Gulo
Date Deposited: 05 May 2020 02:50
Last Modified: 16 Oct 2020 03:26
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item