Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa D III Keperawatan Akper Dharma Insan Pontianak Kalimantan Barat

Kabang, Agustina Ina Mariana (2014) Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa D III Keperawatan Akper Dharma Insan Pontianak Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, STIK Sint carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

Kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi, menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya, yang mencakup lima ranah yaitu : kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan membina hubungan sosial. Sedangkan prestasi belajar adalah penilaian terhadap hasil belajar mahasiswa untuk mengetahui sejauh mana ia mencapai sasaran belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa D III Keperawatan Akper Dharma Insan Pontianak Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif analitik, dengan pendekatan rancangan cross sectional. Metode pengambilan data dengan cara metode Total Sampling dengan jumlah sampel penelitian 95 responden. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan analisa bivariat dengan menggunakan uji statistik yaitu uji Kendalls tau b. Hasil penelitian pada analisa univariat menunjukkan modus pada masing-masing variabel sebagai berikut : 63,1% mahasiswa mempunyai kecerdasan emosi baik, 62,1% mahasiswa mempunyai kesadaran diri baik, 60,0% mahasiswa mempunyai pengendalian diri stabil, 65,3% mahasiswa mempunyai motivasi diri tinggi, 73,7% mahasiswa mempunyai empati baik, 67,4% mahasiwa mempunyai keterampilan membina hubungan sosial baik, 57,9% mahasiswa mempunyai nilai indeks prestasi kumulatif sedang. Hasil penelitian pada analisa bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan bermakna antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar dengan nilai P Value = (0,001), ada hubungan bermakna antara kesadaran diri dengan prestasi belajar dengan nilai P Value = (0,002), tidak ada hubungan bermakna antara pengendalian diri dengan prestasi belajar dengan nilai P Value = (0,466), ada hubungan bermakna antara motivasi diri dengan prestasi belajar dengan nilai P Value = (0,004), tidak ada hubungan bermakna antara empati dengan prestasi belajar dengan nilai P Value = (0,860), dan ada hubungan bermakna antara keterampilan membina hubungan sosial dengan prestasi belajar dengan nilai P Value = (0,001)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorHartanti, MurniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRustika, RustikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosi, prestasi belajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Dedy Andreas Harry Parasihan
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:33
Last Modified: 23 Jul 2021 06:33
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item