Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan di Ruang Rawat Inap RS OMNI Pulomas Jakarta

Ruth, Ruth (2015) Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan di Ruang Rawat Inap RS OMNI Pulomas Jakarta. Undergraduate thesis, STIK Sint carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)

Abstract

Era globalisasi, Rumah Sakit dituntut untuk memberikan pelayanan keperawatan yang memenuhi standar pelayanan pasien. bahwa kualitas pelayanan adalah sebagai tingkat kesempurnaan untuk memenuhi keinginan pasien dan dapat menimbulkan kepuasan. Kepuasan adalah upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien (umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, lama rawat) dengan kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan di ruang rawat inap RS OMNI Pulomas Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsi populasi dengan menggunakan rumus Tabel Krejie-Morgan yaitu 67 pasien. Data primer didapatkan dari survey kepada pasien dengan menggunakan alat ukur kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi, menggunakan uji Kendall’s Tau b dan Chi-Square. Hasil analisis univariat disimpulkan bahwa pasien berumur lebih dari 35 tahun sebanyak 42 pasien (62.7%), pasien berjenis kelamin perempuan sebanyak 45 pasien (67.2%), pendidikan tertinggi berpendidikan SMA sebanyak 32 pasien (47.8%), pasien berkerja sebanyak 44 pasien (65.7%), lama hari rawat lebih dari 7 hari sebanyak 53.7%. Hasil analisis bivariat dengan uji Kendall’s Tau b dapat disimpulkan bahwa secara statistik ada hubungan yang bermakna antara umur dengan kepuasan (p value 0.046), tidak ada hubungan antara jenis kelamin (p value 0.194), pendidikan (p value 0.375), pekerjaan (p value 0.994), lama rawat (p value 0.152) terhadap kepuasan pasien. Peneliti menyarankan agar RS OMNI Pulomas mampu meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan terutama dalam hal aspek kehandalan dan jaminan selama pasien dirawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSumartini, Bertha TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusilo, Wilhelmus HaryUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakteristik pasien, Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Dedy Andreas Harry Parasihan
Date Deposited: 14 Jul 2021 08:18
Last Modified: 14 Jul 2021 08:18
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item