Sudiarta, I Ketut (2018) Pengaruh Pelatihan Keperawatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Perawat Klinis di RS Surya Husadha Kota Denpasar. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
1. Kulit Tesis.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
|
Text (BAB VI)
bab 6 tesis 143.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
lamp tesis 143.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perawat klinis kompeten dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik. Upaya tersebut dilakukan melalui pelatihan terintegrasi adaptasi konsep From Novice to Expert Patricia Benner. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pelatihan keperawatan terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penelitian kuantitatif quasy experiment ini, menggunakan desain non randomized control group pretest and posttest design.Sampel penelitian sebanyak 100 orang, terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kontrol dengan jumlah sama. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang valid dan reliable(Chronbach’s alpha 0.989). Penelitian selama 12 minggu, Maret-Juni 2018 dengan intervensi pelatihan keperawatan pada responden kelompok intervensi. Hasil penelitian mayoritas responden berjenis kelamin perempuan, berumur 20-35, jenjang karir perawat klinik (PK) I. Pendidikan D3 dan masa kerja 1-5 tahun. Hasil bivariat dengan nilai rerata pengetahuan posttest 97.20, meningkat 21.6%, pengetahuan secara statistik bermakna p=0.000. nilai rerata keterampilan posttest92.96, meningkat 23.92%, keterampilan secara statistik bermakna p=0.000 dan nilai rerata sikap posttest 50.06, meningkat 6.44%, secara statistik bermakna p=0.000, ada pengaruh pelatihan keperawatan terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap perawat klinis. Hasil analisis multivariat pelatihan keperawatan secara statistik bermakna terhadap peningkatan pengetahuan perawat klinis (p=0.000), mempunyai kemungkinan pengetahuan meningkat 10 kali, peningkatan keterampilan secara statistik bermakna (p=0.000), mempunyai kemungkinan keterampilan meningkat sebanyak 1.4 kali dan peningkatan sikap secara statistik bermakna (p=0.000), mempunyai kemungkinan peningkatan sikap 0.8 kali dibandingkan tidak mendapatkan pelatihan, tidak ditemukan variabel perancu yang mempengaruhi. Berdasarkan penelitian ini peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap dipengaruhi oleh pelatihan keperawatan dari aspek materi, metode, fasilitas, instruktur dan metode evaluasi pasca pelatihan. Dengan demikian untuk mencapai kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap optimal, disarankan untuk melakukan mentoring, supervisi, pendampingan dan pengarahan secara terintegrasi.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan keperawatan terintegrasi, pengetahuan, sikap, keterampilan perawat klinis | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
||||||||||||
Divisions: | Master Program in Nursing | ||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2021 09:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2024 01:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/869 |
Actions (login required)
View Item |