Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Perawat Dalam Memberikan Edukasi Teknik Relaksasi Nafas Dalam Pada Pasien Pre Bedah di RS X

Sekarini, Rosalia Dewi (2018) Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Perawat Dalam Memberikan Edukasi Teknik Relaksasi Nafas Dalam Pada Pasien Pre Bedah di RS X. Undergraduate thesis, STIK Sint carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
11 bab 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
12 bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB 3)
13 bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB 4)
14 bab 4 ke 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB 5)
15 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Teknik relaksasi nafas dalam adalah suatu bentuk tindakan asuhan keperawatan yang mandiri, dimana perawat mengajarkan kepada pasien cara melakukan nafas dalam yang baik dan benar untuk mengurangi rasa nyeri dan kecemasan. Teknik ini juga merupakan salah satu persiapan dari pre bedah yaitu perawat harus memberikan edukasi teknik relaksasi nafas dalam sebelum pembedahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap perawat dalam memberikan edukasi teknik relaksasi nafas dalam pada pasien pre bedah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 59 perawat yang bekerja di ruang perawatan medikal bedah dewasa RS X. Analisa menggunakan univariat, uji Kendall’s tau b. Hasil menunjukkan 40 (85,1%) perawat memiliki pengetahuan baik untuk melakukan edukasi teknik relaksasi nafas dalam pada pasien pre bedah, sedangkan yang memiliki pengetahuan cukup sebagian besar tidak melakukan edukasi teknik relaksasi nafas dalam pada pasien pre bedah sebanyak 9 perawat (75%). Perawat yang bersikap positif untuk melakukan edukasi teknik relaksasi nafas dalam pada pasien pre bedah 32 perawat (84,2%), dan sikap negatif perawat yang tidak melakukan edukasi teknik relaksasi nafas dalam pada pasien pre bedah ada 11 (52,4%) perawat. Hasil analisa lanjut menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan perawat tentang teknik relaksasi nafas dalam dengan pelaksanaan edukasi teknik relaksasi nafas dalam pada pasien pre bedah P-value = 0,001 dan ada hubungan sikap perawat dalam memberikan teknik relaksasi nafas dalam dengan pelaksanaan edukasi teknik relaksasi nafas dalam pada pasien pre bedah P-value = 0,012. Melihat hasil di atas, maka perawat sebagai educator disarankan lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dalam memberikan health education pada pasien pre bedah tentang cara menurunkan intensitas nyeri dengan menggunakan pendekatan non farmakologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorLisum, KristinaNIM0330067801UNSPECIFIED
Thesis advisorSurianto, FulgensiusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, dan edukasi teknik relaksasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Dedy Andreas Harry Parasihan
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:41
Last Modified: 14 Jun 2021 06:41
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item