Susanti, Yuanita (2018) HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERAWAT ANAK DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERMAINAN TERAPEUTIK ANAK 1-6 TAHUN DIRUMAH SAKIT X BEKASI. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus.
|
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (bab i)
NO. 11 BAB 1.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text (bab ii)
NO. 12 BAB 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text (bab iii)
NO. 13 BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (bab iv)
NO. 14 BAB 4 .pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text (bab v)
NO. 15 BAB 5 .pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text (bab vi)
NO. 16 BAB 6 .pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Program bermain merupakan bagian penting dalam pemberian asuhan keperawatan pada anak yang dirawat di rumah sakit. Pelaksanaan permainan terapeutik akan berjalan dengan baik bila perawat mempunyai pengetahuan yang baik tentang permainan terapeutik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik perawat anak dengan tingkat pengetahuan tentang permainan terapeutik anak 1-6 tahun di Rumah Sakit X Bekasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah total sampel sejumlah 72 perawat di ruang perawatan anak di dua rumah sakit. Peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisa data menggunakan Kendall’s tau b dan c. Hasil analisis diperoleh ρ-value 0,198 untuk usia perawat, ρvalue 0,514 untuk tingkat pendidikan perawat dan ρ-value 0,410 untuk pengalaman kerja perawat. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara usia, pendidikan dan pengalaman kerja dengan tingkat pengetahuan perawat yang berdinas di ruang perawatan anak tentang permainan terapeutik pada anak usia 1-6 tahun. Rekomendasi hasil penelitian adalah perawat anak dapat menggunakan teknik permainan terapeutik sebagai pendekatan agar anak lebih kooperatif. Implementasi permainan terapeutik berkaitan dengan motivasi perawat untuk melakukan perannya sebagai pemberi asuhan keperawatan. Kata kunci: pengetahuan, karakterisrik perawat, permainan terapeutik. Daftar Pustaka : 11 Buku (2008-2015)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | pengetahuan, karakterisrik perawat, permainan terapeutik. | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Nursing Undergraduate Study Program Nursing Undergraduate Study Program |
||||||||||||
Depositing User: | Marcus Dwi Supriyanto, S.I.P. | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2020 02:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2021 13:48 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/568 |
Actions (login required)
View Item |