Efektifitas pemberian pelatihan penanganan cardiac arrest terhadap tingkat pengetahuan sikap dan keterampilan perawat icu dan igd RS ST Carolus Jakarta

S, Desry Christine (2019) Efektifitas pemberian pelatihan penanganan cardiac arrest terhadap tingkat pengetahuan sikap dan keterampilan perawat icu dan igd RS ST Carolus Jakarta. Undergraduate thesis, Stik Sint Carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
13. NO. 13 BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
14. NO. 14 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text (BAB 3)
15. NO. 15 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB 4)
16. NO. 16 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB 5)
17. NO. 17 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Cardiac arrest adalah kegawatdaruratan yang mengancam jiwa dan membutuhkan penanganan segera dengan memberikan resusitasi jantung paru. Penelitian bertujuan untuk menganalisis efektifitas pemberian pelatihan penanganan cardiac arrest terhadap pengetahuan sikap dan keterampilan perawat ICU dan IGD. Metode penelitian kuantitatif desain Quasi Eksperimen One Group Pretest Postest terhadap 55 orang perawat ICU dan IGD yang diambil secara purposive sampling pada Bulan Desember 2018-Febuari 2019. Penilaian pengetahuan dan sikap dengan kuisioner sedangkan keterampilan dengan lembar observasi. Pelatihan diberikan satu kali pertemuan. Evaluasi keterampilan dilakukan setelah pelatihan sedangkan evaluasi pengetahuan dan sikap dilakukan setelah satu bulan pertemuan. Hasil univariat mayoritas pengetahuan perawat cukup (63,6%),mempunyai sikap positif (67,3%), terampil melakukan RJP (54,5%) dan terampil menangani cardiac arrest (54,5%). Hasil analisis uji Wilcoxon didapatkan bahwa pemberian pelatihan cardiac arrest efektif meningkatkan tingkat pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), keterampilan RJP (p=0,000) dan penanganan cardiac arrest (p=0,007) ; (p<0,05). Kesimpulan: pemberian pelatihan dengan metode simulasi efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan perawat ICU dan IGD. Saran: RS wajib mengadakan pelatihan internal satu tahun sekali untuk meningkatkan kemampuan dalam penanganan cardiac arrest dan resertifikasi lima tahun sekali. Penelitian selanjutnya agar menilai keefektifan pelatihan cardiac arrest terhadap keberhasilan penanganan cardiac arrest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSusilo, Wilhelmus HaryUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorWidani, Ni LuhNIDN0324057301UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: cardiac arrest, keterampilan, pelatihan, sikap, tingkat pengetahuan,
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Arniwinda Gulo
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:43
Last Modified: 28 Jan 2021 05:30
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item