Strategi koping korban perundungan berdasarkan jenis perundungan pada remaja awal di SMPN “X” Jakarta Pusat

Pratiwi, Monika Della Rosa (2019) Strategi koping korban perundungan berdasarkan jenis perundungan pada remaja awal di SMPN “X” Jakarta Pusat. Undergraduate thesis, Stik Sint Carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
12 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB 2)
13 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB 3)
14 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB 4)
15 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB 5)
16 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Prevalensi remaja yang menjadi korban perundungan (bullying) masih cukup tinggi di Indonesia. Perundungan memberikan dampak negatif bagi korbannya sehingga diperlukan strategi koping yang adaptif agar korban mampu menghadapinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi koping korban perundungan berdasarkan jenis perundungan pada remaja awal di SMPN “X” Jakarta Pusat. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 281 responden yang merupakan korban perundungan. Pengukuran jenis perundungan menggunakan kuesioner Student Survey of Bullying Behavior dan Experiencing Cyber Bullying, serta pengukuran strategi koping menggunakan kuesioner Coping with Bullying Scale for Children (Chronbach’s Alpha >0,6). Analisis data menggunakan statistik distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 48,4 % responden yang menjadi korban perundungan berusia 13 tahun; 55,5% merupakan perempuan; 42% menjadi korban perundungan sosial; 46,3% menggunakan strategi koping cognitive distancing; dan 51,7% korban perundungan sosial menggunakan strategi koping cognitive distancing. Peneliti menyarankan siswa menggunakan strategi koping constructive serta adanya pemberian sosialisasi dari guru kepada murid tentang peran dalam perundungan dan strategi koping yang tepat untuk menghadapi perundungan sehingga siklus perundungan dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSimbolon, Anna RejekiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorPasaribu, JesikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: perundungan, strategi koping, remaja awal
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Arniwinda Gulo
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:24
Last Modified: 21 Jan 2021 05:00
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item