Faktor-faktor yang berhubungan dengan keberhasilan pemasangan infus pada perawat baru di RS Mitra Keluarga

Saptarianti, Rahmi (2015) Faktor-faktor yang berhubungan dengan keberhasilan pemasangan infus pada perawat baru di RS Mitra Keluarga. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I RISET AMY.pdf

Download (42kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II RISET AMY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III RISET AMY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV RISET AMY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V RISET AMY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Riset Amy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Salah satu tindakan kolaborasi yang dilakukan oleh perawat baru adalah memasang infus. Clinical Mentor memiliki peran dalam memilih metode pembelajaran yang efektif saat membimbing perawat baru agar tidak terjadi kegagalan saat memasang infus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, motivasi, pengalaman praktek saat mahasiswa, sikap percaya diri, peran clinical mentor, metode pembelajaran yang digunakan clinical mentor dengan keberhasilan pemasangan infus pada perawat baru. Jenis penelitian kuantitatif correlational dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 90 orang perawat baru ≤ 1 tahun menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis uji statistic Chi Square menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara motivasi (p= 0,000), pengalaman praktek mahasiswa (p=0,006), percaya diri (p= 0,000), peran Clinical Mentor (p=0,004), metode pembelajaran yang digunakan oleh Clinical Mentor (p=0,047) dengan keberhasilan pemasangan infus, dan tidak didapatkan hubungan antara pengetahuan dengan keberhasilan pemasangan infus (p=0,533). Disarankan untuk Clinical Mentor agar meningkatkan perannya membimbing perawat baru dan memilih metode pembelajaran yang tepat agar kualitas dari perawat baru semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorKusmiyanti, MargarethaNIDN0309045501UNSPECIFIED
Thesis advisorSusilo, Wilhelmus HaryUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, motivasi, percaya diri, pengalaman, peran clinical mentor, metode pembelajaran, perawat baru, pemasangan infus
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Dedy Andreas Harry Parasihan
Date Deposited: 12 May 2020 07:19
Last Modified: 04 Oct 2021 06:20
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item