Sonoto, Tri Yani (2021) Pengaruh Audiovisual Education Berbasis Budaya Terhadap Perubahan Self Management Dan Implikasinya Pada Kualitas Hidup Penderita Hipertensi Dewasa Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambelang. Masters thesis, STIK Sint Carolus.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
|
Text (BAB VI & Daftar Pustaka)
BAB VI & Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kejadian hipertensi bukan hanya terjadi pada usia lanjut tetapi juga pada usia dewasa. Self management adalah suatu proses dimana individu diarahkan pada perubahan tingkah laku mereka sendiri, dengan menggunakan satu atau kombinasi strategi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh audiovisual education berbasis budaya terhadap perubahan self management dan implikasinya pada kualitas hidup penderita hipertensi dewasa di wilayah kerja Puskesmas Tambelang. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan pre dan post test design tanpa menggunakan kelompok kontrol. Sebanyak 64 subjek penderita hipertensi dewasa dipilih dengan teknik purposive sampling yang menerima intervensi audiovisual education yang dilakukan satu kali setiap minggu selama 5 minggu dari bulan Mei sampai Juni 2021. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah 68,8% usia dewasa akhir, 65,6% perempuan, 54,7% pendidikan menengah (SMP dan SMA), dan 62,5% bekerja. Uji statistik yang digunakan Chi-Square, Wilcoxon Test dan Regresi Logistik Binary. Jenis kelamin dan status bekerja penderita hipertensi yang berhubungan dengan self management dan kualitas hidup (p<0,05). Terdapat perbedaan self management dan kualitas hidup antara sebelum dan sesudah dilakukan intervensi audiovisual education (p=0,000). Audiovisual education secara parsial mempengaruhi self management (p=0,046) dan kualitas hidup (p=0,028), dan hanya jenis kelamin yang mempengaruhi self management (p=0,018) dan kualitas hidup (p=0,029). Secara simultan audiovisual education dan karakteristik subjek mempengaruhi self management (p=0,008) dan kualitas hidup (p=0,014). Kesimpulannya audiovisual education berbasis budaya yang diterapkan pada penelitian ini berpengaruh terhadap perubahan self management dan berimplikasi pada kualitas hidup penderita hipertensi dewasa. Penelitian ini merekomendasikan audiovisual education sebagai metode yang dapat dilakukan dalam asuhan keperawatan untuk upaya penanganan hipertensi dengan materi yang lebih menarik dan terbaru, juga perlunya penelitian lanjut mengenai terapi lain sebagai intervensi perawat dalam asuhan keperawatan hipertensi.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hipertensi, Audiovisual Education Berbasis Budaya, Self Management, Kualitas Hidup | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RZ Other systems of medicine |
||||||||||||
Divisions: | Master Program in Nursing | ||||||||||||
Depositing User: | Jenette Linadivya Samosir | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 06:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2024 06:34 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1475 |
Actions (login required)
View Item |