Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan

Stefan, Mariana Margareth (2014) Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Undergraduate thesis, STIK Sint carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan telah bergeser ke arah yang lebih bermutu. Masyarakat semakin kritis dalam menuntut pelayanan yang prima. Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pasien (umur, pendidikan, pekerjaan, penghasilan dan jarak) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah Accidental Sampling. Data primer didapatkan dari survey kepada pasien dengan menggunakan alat ukur kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi, menggunakan uji Kendall’s Tau b dan Chi-Square. Hasil analisis univariat disimpulkan bahwa sebagian besar responden berumur <35 tahun yaitu sebanyak 51.3%, pendidikan tinggi (SMA-PT) yaitu sebanyak 74.8%, responden yang bekerja sebanyak 70.4%, responden yang memiliki penghasilan tinggi (>2.200.000) sebanyak 62.6%, responden yang menempuh jarak jauh (>5 km) yaitu sebanyak 53.9%, dan responden yang merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan yaitu sebanyak 52.2%. Hasil analisis bivariat dengan uji Kendall’s Tau b dapat disimpulkan bahwa secara statistik tidak ada hubungan yang bermakna antara umur (p value 0.649), terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan (p value 0.007), penghasilan (p value 0.033), dan jarak (p value 0.011) terhadap kepuasan pasien. Hasil analisis bivariat dengan Chi-Square dapat disimpulkan bahwa secara statistik tidak ada hubungan yang bermakna antara pekerjaan (p value 0.053) terhadap kepuasan pasien. Peneliti menyarankan agar Puskesmas mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terutama dalam hal mempercepat waktu tunggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorRedjeki, Gerardina SriNIDN0316105401UNSPECIFIED
Thesis advisorSusilo, Wilhelmus HaryUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pasien, Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Dedy Andreas Harry Parasihan
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:54
Last Modified: 30 Aug 2021 06:54
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item