Ayub, Noval Diayanto (2017) Efektivitas Pelatihan Model Bimbingan Preceptorship Pada Perawat Clinical Mentor Terhadap Kepuasan Kerja, Kepercayaan Diri, dan Stres Kerja Perawat Baru Di RS X Group Jakarta. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
judul1 T081.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text (BAB III)
bab 3 T081.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
||
Text (BAB VI)
bab 6 T081.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (LAMPIRAN I)
lamp1 T081.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (LAMPIRAN II)
lamp2 T081.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Reality shock pada masa transisi perawat baru merupakan konflik antara ekspektasi dan kenyataan peran yang dihadapi. Model bimbingan preceptorship memiliki pengaruh positif dalam memfasilitasi adaptasi pada masa transisi ini, serta membantu sosialisasi perawat baru dalam melakukan praktek profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan model bimbingan preceptorship pada perawat clinical mentor terhadap kepuasan kerja, kepercayaan diri, dan stres kerja perawat baru. Desain penelitian menggunakan desain quasi eksperimental dengan teknik pengambilan sampel total sampling yang melibatkan 119 responden yang terbagi menjadi 93 responden kelompok intervensi dan 26 responden kelompok non intervensi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata usia responden 23 tahun, 72.3% perempuan, 56.3% memiliki pendidikan S1 Ners. Evaluasi aspek kognitif menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan peserta setelah diberikan pelatihan sebesar 44,12. Evaluasi aspek keterampilan menunjukan bahwa mean evaluasi roleplay bimbingan preceptorship adalah sebesar 86.84. Observasi dan supervisi kepala ruang terhadap pelaksanaan preceptorship mencapai tingkat keberhasilan pelaksanaan 100% pada minggu ke 4 dan ke 5. Hasil uji statistik Paired Sampel T-Test dan Wilcoxon menunjukan ada perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah intervensi pada kepuasan kerja (p=0.000), kepercayaan diri (p=0.000), dan stres kerja (p=0.000) perawat baru. Hasil uji statistik Independent T-Test dan Mann-Whitney menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok non intervensi pada kepuasan kerja (p=0.000), kepercayaan diri (p=0.000), dan stres kerja (p=0.000) perawat baru. Hasil uji regresi linear berganda dan regresi logistik ordinal menunjukan bahwa intervensi pelatihan preceptorship secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan kepuasan kerja sebesar 53.3% (p=0.000), kepercayaan diri sebesar 52.1% (p=0.000), dan perubahan stres kerja sebesar 69.5% (p=0.004) perawat baru. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan program pelaksanaan bimbingan preceptorship bagi perawat baru, tersedia perawat clinical mentor di setiap unit yang terlepas dari mainpower ketenagaan serta memiliki jadwal dinas bersama perawat baru, tersedia dokumen dan instrumen penilaian terkait evaluasi bimbingan, supervisi kepala ruang terhadap pelaksanaan dan penilaian kinerja dari clinical mentor, serta menyeleksi clinical mentor sesuai peran seorang preceptor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Preceptorship, Kepuasan Kerja, Kepercayaan Diri, Stres Kerja, Perawat Baru | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Nursing Undergraduate Study Program Nursing Undergraduate Study Program |
||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2021 04:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2021 04:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/974 |
Actions (login required)
View Item |