Efektivitas Pelatihan Model Bimbingan Preceptorship Pada Perawat Clinical Mentor Terhadap Kepuasan Kerja, Kepercayaan Diri, dan Stres Kerja Perawat Baru Di RS X Group Jakarta

Ayub, Noval Diayanto (2017) Efektivitas Pelatihan Model Bimbingan Preceptorship Pada Perawat Clinical Mentor Terhadap Kepuasan Kerja, Kepercayaan Diri, dan Stres Kerja Perawat Baru Di RS X Group Jakarta. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
judul1 T081.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 T081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (BAB VI)
bab 6 T081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN I)
lamp1 T081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN II)
lamp2 T081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Reality shock pada masa transisi perawat baru merupakan konflik antara ekspektasi dan kenyataan peran yang dihadapi. Model bimbingan preceptorship memiliki pengaruh positif dalam memfasilitasi adaptasi pada masa transisi ini, serta membantu sosialisasi perawat baru dalam melakukan praktek profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan model bimbingan preceptorship pada perawat clinical mentor terhadap kepuasan kerja, kepercayaan diri, dan stres kerja perawat baru. Desain penelitian menggunakan desain quasi eksperimental dengan teknik pengambilan sampel total sampling yang melibatkan 119 responden yang terbagi menjadi 93 responden kelompok intervensi dan 26 responden kelompok non intervensi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata usia responden 23 tahun, 72.3% perempuan, 56.3% memiliki pendidikan S1 Ners. Evaluasi aspek kognitif menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan peserta setelah diberikan pelatihan sebesar 44,12. Evaluasi aspek keterampilan menunjukan bahwa mean evaluasi roleplay bimbingan preceptorship adalah sebesar 86.84. Observasi dan supervisi kepala ruang terhadap pelaksanaan preceptorship mencapai tingkat keberhasilan pelaksanaan 100% pada minggu ke 4 dan ke 5. Hasil uji statistik Paired Sampel T-Test dan Wilcoxon menunjukan ada perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah intervensi pada kepuasan kerja (p=0.000), kepercayaan diri (p=0.000), dan stres kerja (p=0.000) perawat baru. Hasil uji statistik Independent T-Test dan Mann-Whitney menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok non intervensi pada kepuasan kerja (p=0.000), kepercayaan diri (p=0.000), dan stres kerja (p=0.000) perawat baru. Hasil uji regresi linear berganda dan regresi logistik ordinal menunjukan bahwa intervensi pelatihan preceptorship secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan kepuasan kerja sebesar 53.3% (p=0.000), kepercayaan diri sebesar 52.1% (p=0.000), dan perubahan stres kerja sebesar 69.5% (p=0.004) perawat baru. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan program pelaksanaan bimbingan preceptorship bagi perawat baru, tersedia perawat clinical mentor di setiap unit yang terlepas dari mainpower ketenagaan serta memiliki jadwal dinas bersama perawat baru, tersedia dokumen dan instrumen penilaian terkait evaluasi bimbingan, supervisi kepala ruang terhadap pelaksanaan dan penilaian kinerja dari clinical mentor, serta menyeleksi clinical mentor sesuai peran seorang preceptor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorWijayanti, Catharina DwianaNIDN0330037501UNSPECIFIED
Thesis advisorSusilo, Wilhelmus Hary-UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Preceptorship, Kepuasan Kerja, Kepercayaan Diri, Stres Kerja, Perawat Baru
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:22
Last Modified: 02 Aug 2021 04:22
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item