Pengaruh Pelatihan Supervisi Interaktif Pada Supervisor Terhadap Peningkatan Perilaku Perawat Pelaksana Dalam Pencegahan Infeksi Dan Komunikasi Efektif Di RS X Papua.

Leisubun, Rosina (2018) Pengaruh Pelatihan Supervisi Interaktif Pada Supervisor Terhadap Peningkatan Perilaku Perawat Pelaksana Dalam Pencegahan Infeksi Dan Komunikasi Efektif Di RS X Papua. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
judul tesis 130.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 tesis 130.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bb 2 tesis 130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 tesis 130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 tesis 130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 tesis 130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB VI)
bab 6 tesis 130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lamp tesis 130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Perilaku perawat dalam pencegahan infeksi dan komunikasi efektif bertujuan meminimalkan kesalahan dan meningkatkan keselamatan pasien. Implementasi dari perilaku perawat dapat diwujudkan dengan cuci tangan dan komunikasi yang tepat, akurat dan lengkap. Untuk mengevaluasi terkait perilaku perawat pelaksana pada cuci tangan dan komunikasi SBAR dapat dilakukan dengan metode supervisi oleh kepala ruangan atau pengawas keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan supervisi interaktif terhadap peningkatan perilaku perawat pelaksana dalam pencegahan infeksi : mencuci tangan dan komunikasi efektif : SBAR/ TuBaKon di RS X Papua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi experiment menggunakan desain pre and post test design with control group. Sampel dalam penelitian 17 orang supervisor dan 70 orang perawat pelaksana. Intervensi yang dilakukan adalah pelatihan supervisi interaktif kepada kepala ruangan dan ketua tim/PJ shif. Hasil penelitian didapatkan perbedaan perilaku perawat pelaksana dalam mencuci tangan dan komunikasi SBAR sebelum dan sesudah pelatihan (p=0.000). Analisis lebih lanjut menunjukan pengaruh yang bermakna antara pelatihan supervisi interaktif terhadap peningkatan perilaku perawat pelaksana dalam kepatuhan mencuci tangan dan komunikasi SBAR (p=0.000). Diharapkan manajer ruangan dapat menerapkan supervisi interaktif pada semua perawat pelaksana dalam upaya meningkatkan keselamatan pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorBunga, Asnet LeoNIDN0312055401UNSPECIFIED
Thesis advisorSudibyo, Supardi-UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Supervisi interaktif Kadushin, pencegahan infeksi, komunikasi efektif
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 15 Jul 2021 09:53
Last Modified: 15 Jul 2021 09:53
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item