Factor-faktor yang berhubungan dengan peran perawat sebagai educator pada pasien rawat inap di RS Premier Jatinegara Jakarta

Sriwahyuni, Rosa Trihartati (2014) Factor-faktor yang berhubungan dengan peran perawat sebagai educator pada pasien rawat inap di RS Premier Jatinegara Jakarta. Undergraduate thesis, STIK Sint carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Perawat memiliki peran pokok sebagai perawat edukator yaitu Peran perawat sebagai pendidik membantu klien dalam meningkatkan tingkat pengetahuan kesehatan, gejala penyakit bahkan tindakan yang diberikan sehingga terjadi perubahan perilaku dari klien setelah dilakukan pendidikan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan peran perawat sebagai edukator di ruang rawat inap RS Premier Jatinegara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental, dengan desain penelitian cross sectional. Keabsahan dan uji reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan uji t independen dan juga menggunakan uji chi –square. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi yang tidak signifikan antara karakteristik perawat(jenis kelamin, usia, pendidikan, dan lama kerja) dengan peran perawat sebagai edukator. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada yang signifikan antara pengetahuan dengan peran perawat sebagai edukator dengan nilai p 0,918 (α > 0,1) dan tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap dengan peran perawat sebagai edukator yaitu dengan nilai p 0,339 (p > 0,05). Saran : pemahaman perawat tentang pendidikan kesehatan sudah sesuai dengan teori yang ada. Perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi pelatihan-pelatihan secara berkesinambungan baik internal dan eksternal, untuk meningkatkan peran perawat sebagai edukator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorKusmiyanti, MargarethaNIDN0309045501UNSPECIFIED
Thesis advisorSupardi, SubdibyoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: perawat edukator, pendidikan kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Dedy Andreas Harry Parasihan
Date Deposited: 14 Jul 2021 05:19
Last Modified: 14 Jul 2021 05:19
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item