Rondonuwu, Junytha Ranny (2019) Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Yang Melayani Pada Kepala Ruang Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Perawat Pelaksana di RSU GMIM Bethesda Manado. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
judul tesis 148.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1 tesis 148.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2 tesis 148.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
||
Text (BAB III)
bab 3 tesis 148.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4 tesis 148.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB V)
bab 5 tesis 148.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
||
Text (BAB VI)
bab 6 tesis 148.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
lamp tesis 148.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Servant Leadership atau Kepemimpinan yang melayani lebih memfokuskan kepada penyelesaian masalah yang dialami perawat pelaksana. Kepala ruang wajib memiliki rasa empati untuk membantu mereka ke arah yang lebih baik. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pelatihan kepemimpinan yang melayani pada kepala ruang terhadap motivasi kerja dan kinerja perawat pelaksana di RSU GMIM Bethesda Tomohon. Metode penelitian quasi exsperimental none equivalent pre-post test dengan analisa Struktural Equition Model (SEM) .Responden berjumlah 149 perawat pelaksana, diruang rawat inap. Hasil penelitian pada kelompok intervensi menunujukkan ada pengaruh tingkat kemampuan kepala ruang, kinerja dan motivasi perawat pelaksana sebelum dan sesudah pelatihan (p-value=0.000). Ada pengaruh tingkat kemampuan kepala ruang, motivasi kerja, kinerja perawat pelaksana (p-value = 0.000) pada kelompok intervensi dan kontrol. Hasil uji model structural kemampuan kepemimpinan yang melayani signifikan terhadap motivasi kerja perawat pelaksana dengan nilai t=8.19. Pengaruh tingkat kemampuan kepala ruang menggunakan kepemimpinan yang melayani signifikan terhadap kinerja perawat pelaksana (t=8.13). Jenis kelamin (t=3.73), pendidikan (t=2.81) significant terhadap kinerja perawat pelaksana. Ada kontribusi secara simultan (R239%) antara pelatihan kepala ruang, umur, jenis kelamin, lama kerja terhadap motivasi dan kinerja perawat pelaksana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan yang Melayani, Motivasi Kerja Perawat, Kinerja Perawat Pelaksana | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Nursing Undergraduate Study Program Nursing Undergraduate Study Program |
||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2021 07:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2021 08:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/776 |
Actions (login required)
View Item |