Latar Belakang Remaja Melakukan Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cengkareng, Jakarta Barat 2017

Sari, Dedeh Juwita (2017) Latar Belakang Remaja Melakukan Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cengkareng, Jakarta Barat 2017. Undergraduate thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
JUDUL 504.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Kerangka konsep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV metode penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN DAN HASIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI 504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bullying adalah penggunaan perilaku agresi yang bertujuan untuk menyakiti orang lain secara berulang-ulang baik secara fisik maupun verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang remaja melakukan bullying di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cengkareng, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi yang dilaksanakan bulan Juli 2016 sampai dengan Mei 2017. Informan dalam penelitian ini adalah siswa SMK yang masih aktif di sekolah Cengkareng dan pernah melakukan bullying dengan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (depth interview) dan alat pengumpulan data penelitian ini ialah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman wawancara dan alat perekam handphone. Analisis data menggunakan teknik Colaizzi. Jumlah informan dalam penelitian ini ialah 8 orang. Hasil analisis ditemukan 10 tema yaitu bullying, pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif, pengaruh teman, ingin berkuasa, fanatisme perbedaan, sarana dan prasarana, respon guru, dan pengaruh media massa. Dari hasil penelitian ini,peneliti menyarankan seharusnya guru menjadi sarana untuk bercerita bagi siswa atau siswi yang melakukan bullying di sekolah supaya mengetahui alasan mereka melakukan bullying sertamencari jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahannya di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorIdes, Stefanus AdangNIDN0325105902UNSPECIFIED
Thesis advisorAnggraeni, Lina DewiNIDN0326048201UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bullying, pola asuh orang tua, iklim sekolah, teman sebaya, media massa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 23 Jun 2021 10:30
Last Modified: 23 Jun 2021 10:30
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item