Leandi, Putri Ayunda (2017) Hubungan Antara Strategi Koping Dan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa STIK SINT CAROLUS. Undergraduate thesis, UNSPECIFIED.
|
Text (ABSTRAK)
JUDUL 514.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III KERANGKA KONSEP.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV METODE DAN PROSEDUR PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text (BAB VI)
BAB VI 514.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Data Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Cemas merupakan keadaan normal yang terjadi pada setiap orang apabila seseorang tersebut dalam situasi yang mengancam. Salah satu penyebab kecemasan pada mahasiswa adalah kecemasan akan prestasi belajar. Mahasiswa akan melakukan upaya untuk menangani situasi tersebut dengan strategi koping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi koping dan kecemasan dengan prestasi belajar pada mahasiswa STIK Sint Carolus. Metode penelitian kuantitatifsecara cross sectional. Pengambilan data dengan memberikan kuesioner A-COPE dan STAI kepada responden. Penelitian dilakukan pada Februari 2017 dengan jumlah responden sebanyak 56 responden. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa menggunakan strategi koping berfokus pada masalah (80,4%), tingkat kecemasan sedang (85,7%), sifat kecemasan sedang (85,7%), dan IPK memuaskan (69,6%). Hasil penelitian analisis bivariat menggunakan uji chi square dan kendall tau b. Hasilnya tidak ada hubungan antara strategi koping dengan tingkat kecemasan (p-value 0,320), strategi koping dengan sifat kecemasan (p-value 0,678), strategi koping dengan prestasi belajar (p-value 0,091), tingkat kecemasan dengan prestasi belajar (p-value 0,526) dan sifat kecemasan dengan prestasi belajar (p-value 0,535).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | strategi koping, kecemasan, prestasi belajar, ACOPE, dan STAI | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Nursing Undergraduate Study Program Nursing Undergraduate Study Program |
||||||||||||
Depositing User: | Veronika Yuli | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2021 06:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2021 06:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/744 |
Actions (login required)
View Item |