PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, Sikap Dan Motivasi Serta Implikasi Pada Perilaku Kepatuhan Minum Obat Aanti Tuberculosis (OAT) Pada Pasien TB Paru Di RSUD Nabile Papua

Anouw, Neliana (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, Sikap Dan Motivasi Serta Implikasi Pada Perilaku Kepatuhan Minum Obat Aanti Tuberculosis (OAT) Pada Pasien TB Paru Di RSUD Nabile Papua. Masters thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
T091 BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
T091 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text (BAB III)
T091 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
T091 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB V)
T091 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI+)
T091 BAB VI+DAFPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
T091 LAMPIRAN GABUNG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

TB paru (tuberkulosis) merupakan suatu penyakit menular yang mengenai saluran pernapasan bagian bawah. Pengobatan dilakukan minimal 6 bulan dan diperlukan sikap dan motivasi yang baik untuk kepatuhan minum obat. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan motivasi serta perilaku kepatuhan minum OAT pada pasien TB paru. Desain penelitian quasi eksperimental, sampel 99 responden dipilih secara purposive sampling. Intervensi dilakukan pendidikan kesehatan selama 3 hari dan dievaluasi pada hari ke empat untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan motivasi dan perilaku kepatuhan minum OAT pada minggu ke 3-4. Hasil penelitian mayoritas responden usia remaja akhir (16-25 tahun) 45,4%, laki-laki 57,5%, tidak bekerja 65,7%, SMA 38,3%. Hasil uji beda Wilcoxon ada pengaruh signifikan pada pengetahuan pre-post dengan pvalue 0.083;<0.10; sikap, motivasi dan perilaku kepatuhan minum OAT dengan pvalue = 0.000;<0.005. Hasil uji Mann-whitney ada pengaruh signifikan pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan (pvalue=0.002), sikap (pvalue= 0.000; OR 2.3) dan motivasi (0.001;<0.005;OR 0,26) dan perilaku kepatuhan minum OAT (p=0.000;OR 23,8) dibandingkan kelompok kontrol. Intervensi pendidikan kesehatan secara simultan memberikan pengaruh terhadap perubahan pengetahuan sebesar 11.8%, sikap 36.1 %, motivasi 14.5%, dan perilaku kepatuhan minum OAT 14.5%. Kesimpulan, pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan motivasi, serta perilaku kepatuhan minum OAT pada pasien TB Paru. Peneliti merekomendasikan petugas kesehatan senantiasa memberikan pendidikan kesehatan pada pasien TB paru dan penelitian lebih lanjut dengan intervensi telenursing untuk lebih meningkatkan kepatuhan minum OAT pada pasien TB paru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDAstrid, MariaNIDN(0308127801)UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSusilo, Wilhelmus Hary0UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan minum obat, Motivasi, TB Paru, Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan, Sikap.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Master Program in Nursing
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:24
Last Modified: 24 Apr 2024 07:24
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item