Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Program S1 Keperawatan Jalur A Semester VI dan VIII STIK Sint Carolus Terhadap Penerapan Caring Dalam Pengalaman Pembelajaran Praktik Klinik

Stefhany, Ruth Adenata (2010) Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Program S1 Keperawatan Jalur A Semester VI dan VIII STIK Sint Carolus Terhadap Penerapan Caring Dalam Pengalaman Pembelajaran Praktik Klinik. Undergraduate thesis, STIK Sint carolus.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB 7)
bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Caring merupakan wujud cinta kasih yang tulus dan didasarkan pada pengetahuan dan perasaan perawat yang ditunjukan melalui kepedulian, penerimaan, perhatian yang sungguh-sungguh, empati, dorongan spiritual, kejujuran, kesabaran, kepercayaan, dan komunikasi yang efektif, yang dapat meningkatkan rasa nyaman dan aman klien. Penerapan caring dalam pembelajaran yang sudah didapatkan masih belum sepenuhnya diterapkan oleh sebagian besar mahasiswa, karena masih mengejar target–target pembelajaran praktik klinik. Sehingga mata perkulihaan mengenai caring yang sudah didapatkan dalam pendidikan keperawatan belum dapat diaplikasikan semaksimal mungkin dalam pembelajaran praktik klinik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap mahasiswa S1A Keperawatan STIK Sint Carolus terhadap penerapan caring dalam pengalaman pembelajaran praktik klinik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan alat ukur kuesioner untuk pengumpulan data. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa STIK Sint Carolus semester V1 dan VIII sebanyak 58 dengan kriteria inklusi: sudah pernah mendapatkan mata kuliah caring, sudah pernah mengikuti pembelajaran praktik klinik dan masih aktif kuliah, teknik pengambilan sampel secara total sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis univariat yaitu pengetahuan mahasiswa S1A Keperawatan STIK Sint Carolus terhadap penerapan caring dalam pengalaman pembelajaran praktik klinik menunjukkan bahwa dari 58 responden, sebanyak 36 responden (62,1%) memiliki pengetahuan yang baik. Sikap mahasiswa S1A Keperawatan STIK Sint Carolus terhadap penerapan caring dalam pengalaman pembelajaran praktik klinik menunjukkan sebanyak 30 responden (51,7%) memiliki sikap yang positif terhadap penerapan caring. Penerapan caring mahasiswa S1A Keperawatan STIK Sint Carolus dalam pengalaman pembelajaran praktik klinik menunjukkan bahwa responden yang melakukan penerapan caring maupun yang tidak melakukan penerapan caring mempunyai presentase yang sama yaitu 29 responden (50,0%). Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis bivariat yang menggunakan uji statistic Chi-Square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan dengan penerapan caring dalam pengalaman pembelajaran praktik klinik (p value 1,000), ada hubungan bermakna antara sikap dengan penerapan caring dalam pengalaman pembelajaran praktik klinik (p value 0,000). Peneliti menyarankan agariii mahasiswa S1A Keperawatan mampu menerapakan sikap caring dalam pengalaman pembelajran praktik klink, sehingga dapat memberikan asuhan keperawatan secara holistik dan dapat menerapkan dalam praktik kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang mahasiswa keperawatan harus mampu menerapkan caring dalam pengalaman pembelajaran praktik klinik agar dapat menjadi perawat profesional yang mampu memahami setiap orang yang dilayaninya dengan memberikan perhatian, rasa cinta dan menerima serta menghargai klien apa adanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorLucilla, Sr.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHarjatmo, Titus PriyoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, penerapan caring dan pengalaman pembelajaran praktik klinik.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Dedy Andreas Harry Parasihan
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:57
Last Modified: 30 Aug 2021 07:57
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item