Pengaruh Computer Game Terhadap Rentang Sendi Phalang Pasien Stroke di RS Adi Husada Surabaya 2016.

Kristiani, Rina Budi (2016) Pengaruh Computer Game Terhadap Rentang Sendi Phalang Pasien Stroke di RS Adi Husada Surabaya 2016. Undergraduate thesis, STIK Sint Carolus Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
judul T059.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab1 T059.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab2 T059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (BAB III)
ba3 T059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab4 T059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
bab5 T059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB VI)
bab6 T059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lamp T059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pasien yang menderita stroke secara mendadak akan mengalami kelemahan ekstremitas, gangguan ini dapat mengganggu kegiatan hidup sehari-hari, tindakan yang dapat dilakukan perawat adalah melakukan range of motion yang menyenangkan dengan menggunakan computer game. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh computer game terhadap rentang sendi phalang pasien stroke di RS Adi Husada Surabaya.Metode penelitian adalah kuasi eksperimental dengan pre dan postt test di RS Adi Husada Surabaya selama April–Juli 2016 berjumlah 44 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, responden kelompok intervensi (menggunakan computer game) berjumlah 22 responden (50%) dan responden kelompok kontrol (menggunakan terapi standar) berjumlah 22 (50%). Distribusi karakteristik responden untuk mayoritas jenis kelamin laki-laki 65.9%, kelompok umur dewasa degan rentang usia 21-60 tahun sebanyak 56.8%, serangan stroke sekali sebayak 79.5% dan tidak ada dukungan keluarga sebesar 52.3%. Hasil uji beda peningkatan rentang sendi sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok intervensi (18.19o) dan kelompok kontrol (3.13o), statistik berbeda signifikan (t-independent test pvalue = 0.021). Hasil Uji perbedaan rentang sendi pada kelompok intervensi sebelum intervensi (43.02o) dan sesudah intervensi (61.21o) statistik berbeda signifikan (t-paired test pvalue = 0,004). Hasil uji regresi linier berganda untuk melihat pengaruh secara simultan adalah dukungan keluarga dengan pvalue = 0.009 (< 0.05) dan computer game pvalue = 0.000 (< 0.05) berarti ada pengaruh computer game dan dukungan keluarga terhadap rentang sendi phalang pasien stroke. Dari penelitian ini telah dibuat juga persamaan regresi dan dapat disimulasikan untuk visualisasi peran berbagai variabel. Disarankan bagi pelayanan keperawatan khususnya RS Adi Husada Surabaya, untuk menggunakan computer game sebagai sarana dalam membantu melakukan latihan rentang gerak sendi phalang pada pasien stroke yang mengalami kelemahan rentang sendi phalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributors NameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorMulyatsih, MG Enny-UNSPECIFIED
Thesis advisorAdyatmaka, Irene-UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Stroke, Rentang Sendi Phalang Menurun, Computer Game, Rentang Sendi Meningkat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Undergraduate Study Program
Nursing Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Yuli
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:45
Last Modified: 06 Aug 2021 07:49
URI: http://repository.stik-sintcarolus.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item